-->

Tips Sederhana sebelum Memelihara Ikan lele

Semakin hari peluang bisnis ikan lele semakin meningkat hal ini dipicu karena banyaknya rumah makan, warteg dan lain sebagainya yang menyediakan olahan ikan lele. Bahkan dikota besarpun semakin banyak orang yang memelihara ikan lele dengan cara diternak dipekarangan rumah. Karena usaha ternak ikan lele sangat menguntungkan. 

Secara teknis cara memelihara ikan lele sangat simple tidak harus memiliki lahan yang luas. Anda dapat membuat kolam ikan lele di pekarangan rumah. Cara memelihara ikan lele dipekarangan rumah yaitu menggunakan kolam terpal yang tidak harus membutuhkan lahan yang luas dan biaya yang mahal.

Cara memelihara ikan lele menggunakan terpal juga memiliki keuntungan tersendiri. Keuntungannya yaitu anda dapat memantau perkembangan ikan lele, kolam ikan lele mudah untuk dibersihkan, ikan lele dalam 2 bulan akan siap panen.

Apakah anda masih bingung bagaimana memelihara ikan lele yang baik supaya ikan yang dihasilkan bagus ?
Perhatikan baik- baik, pahami setiap penjelasan supaya anda mengerti dan paham bagaimana cara memelihara ikan lele yang benar.

Hal yang harus diperhatikan 
Anda harus menentukan lahan untuk memelihara ikan lele yang trategis. Perhatikan kondisi lingkungan terutama perhatikan kondisi air. Untuk memelihara ikan lele pastikan air tidak tercemar oleh limbah dan yang lainnya. Setelah tempat sudah sesuai buatlah kolam terpal berukuran 3 X 5 X 1 meter jika membutuhkan lebih dari 1 kolam buatlah sebanyak mungkin untuk budidaya yang lebih banyak. Untuk penggunaan telpal harus sangat diperhatikan. Jika terpalnya baru pasti bibit ikan akan banyak yang mati karena terpal masih berbau.

Untuk mencegah bibit ikan yang ditabur cepat mati rendamlah terpal selama 2 minggu. Setelah dua minggu baru bisa digunakan untuk memelihara ikan lele. Setelah semuanya siap aliri kolam terpal dengan air setinggi 80 cm. Sediakan ukuran lele berukuran7-10 cm masukan kedalam kolam terpal sebanyak 100- 200 ekor lele. Siapkan beberapa peralatan pembantu seperti ember, seser dan pengecek kualitas air. 

Berikan pakan ikan lele sesuai dengan kebutuhan jangan berikan pakan dengan bangkai binatang karena akan mempengaruhi pertumbuhan ikan lele sehingga ukuran ikan lele akan berbeda . Jika air kolam sudah kotor dan anda akan menggantinya jangan secara langsung karena dapat membuat lele mabuk dan stres. Tetapi anda menggantinya secara bertahap sedikit demi sedikit.

Itulah cara memelihara ikan lele yang harus diperhatikan supaya usaha anda berjalan sesuai dengan keinginan. Terimakasih semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Sederhana sebelum Memelihara Ikan lele"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel