-->

Tips Memilih Benih Ikan lele yang Berkualitas 100% Baik

Lele adalah sejenis ikan yang habitata berada di air tawar seperti sering kita jumpai di sungai-sungai di sekitar tempat tinggal kita. Ikan lele sangat mudah sekali untuk kita kenali karena memiliki tubuh yang licin, pipih memanjang dan lele memiliki sepasang kumis di sekitar bagian mulutnya.

Ada banyak jenis dari ikan lele yang banyak tersebar di perairan asia dan afrika. Jenis dari ikan lele antar lain : 
  • ikan lele Dumbo
  • Ikan Lele Sangkuriang
  • Ikan Lele Python
  • Dll
Dalam artikel tentang Tips Trik Memilih benih ikan lele yang berkualitas akan di jelaskan bagaimana memilih bibitan atau benih ikan lele yang tepat. Ada banyak berbagai jenis ikan lele di indonesia, namun ikan lele yang bagus untuk dibudidayakan adalah ikan lele yang biasanya perkembang biakanya dan pertumbuhan ikan lele bisa di kategorikan cepat. 



Mengapa para petani memilih ikan lele yang akan dibudidayakan cepat dan berkualitas ?? Karena ikan lele yang berkualitas akan menguntungkan petani lele agar menghasilkan ikan lele yang baik. 

Kualitas bibit ikan lele yang akan di budidaya sangat menentukan kesuksesan budidaya lele. Jika terjadi kesalahan dalam pemilihan benih lele pada awal usaha budidaya ikan lele maka bisa saja usaha kita untuk membudidaykan ikan lele akan mengalami kegagalan.

Maka dari itu silahkan simak kriteria dalam pemilihan bibit atau benih ikan lele yang berkualitas untuk mendorong kesuksesan budidaya ikan lele anda di rumah.

Kesehatan Ikan Lele
Benih ikan lele yang berkualitas mempunyai ukuran tubuh yang proposional dalam arti tidak cacat, tidak terdapat luka pada tubuh ikan lele, warna tubuh ikan lele cerah ( tidak pucat ), licin, mengkilap ketika kita lihat serta ikan lele yang kondisinya sehat biasanya melakukan gerakan yang aktif, lincah, tidak menggantung atau diam seperti ikan lele yang mati dan tidak berenang bergerombol.

Pilihlah Ukuran Ikan Lele yang Seragam
Mengapa harus memilih benih ikan lele yang seragam ? perlu kita ketahui bahwa ikan lele ini bersifat kanibal, dimana apabila kita menempatkan ikan lele yang tubuhnya ada yang lebih besar di dalam 1 kolam maka jika ikan lele kelaparan ia akan memakan ikan lele yang ukuranya lebih kecil dari dia. maka dari itu ketika kita hendak memilih benih ikan lele usahakan memilih benih ikan lele yang ukuranya seragam.

Carilah Indukan/Bibit Ikan Lele yang unggul
Dalam memilih benih ikan lele yang berkualitas sebaiknya kita memilih benih dari indukan yang berkualitas pula bukan hasil dari perkawinan atau pemijahan. Jika anda menemukan indukan ikan lele yang sudah mempunyai sertifikasi CPIB sebaiknya anda memilih benih ikan lele dari indukan tersebut karena sudah terjamin kualitasnya.

Tidak memiliki Riwayat Penyakit
Ikan lele juga bisa sakit bos jadi usahakan ketika akan memilih atau membeli ikan lele tanyakan dulu pada pemiliknya atau pengurus ikan lele tersebut apakah ikan lele ini pernah mengidap penyakita apa tidak ??

Perlu kita ketahui bahwa tidak disarankan menggunakan obat antibiotik dengan dosis yang berlebihan terhadap ikan lele karena bakteri bersifat kebal sehingga dalam pemberian dosis harus diberikan dosis yang lebih tinggi.

Gunakan Ukuran lele 5-7 cm
Untuk pemula sebaiknya memilih benih ikan lele yang berukuran 5-7 cm. Ukuran ini tidak terlalu kecil dan tidak pula terlalu besar. Selain itu ukuran ikan lele ini juga sudah tahan terhadap penyakit dan kemungkinan besar juga akan menjadi besar dengan seragam walaupun nantinya kita harus mensortir kembali tapi langkah ini sangat efektif jika digunakan.

Pemilihan Tempat Ikan lele
Dalam pemilihan benih ikan lele para petani ikan lele cenderung tidak memikirkan benih yang akan dibelinya itu berasal dari kolam yang menggunakan tanah, beton atau terpal. Sesuaikan dengan tempat yang akan kita gunakan untuk tempat budidaya ikan lele di rumah. Apabila tempat yangkita sediakan terbuat dari terpal maka usahkan ketika membeli benih berasal dari terpal juga tempatnya.

Apabila kita tidak sesuai menempatkan benih ikan yang akan kita budidaya maka akan sangat berpengaruh terhadap penyesuaian hidup dalam pertumbuhan ikan lele.

Jangan terpengaruh Harga Murah !!!
Pada saat kita kan membeli benih lele untuk kita budidaya di rumah janganlah terpengaruh dengan harga yang murah. Banyak kejadian para petani memilih benih ikan lele yang murah akan tetapi kualitasnya jelek, lebih baiknya kita membeli benih ikan lele yang harganya mahal tetapi berkualitas.

Jika kita memilih benih ikan lele yang mahal dan berkualitas maka resiko kematian pada saat perawatan atau budidaya ikan lele di rumah akan lebih minimal.

Itulah beberapa tips memilih benih ikan lele yang berkualitas untuk usaha budidaya ikan lele anda di rumah. Semoga setelah anda membaca artikel ini dapat membuat kita semua lebih teliti dalam pemilihan benih ikan lele untuk usaha budidaya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Memilih Benih Ikan lele yang Berkualitas 100% Baik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel