-->

Cara Budidaya Lobster Air Tawar Dengan Media Kolam Buatan

bagaimana cara budidaya lobster di air tawar? Baca artikel berikut agar lobster Anda berkembang biak dengan baik!


Cara budidaya lobster air tawar muncul sebagai pilihan yang tepat Karena tidak semua dari kita hidup dekat dengan perairan laut. Ternyata bahan makanan laut yang sangat di gemari orang-orang pecinta seafood ini dapat kita budidayakan di air tawar. 



Cara budidaya lobster air tawar cukup mudah untuk dipelajari. Medianya pun bisa kita sesuai kan dengan kemampuan kita. Berikut beberapa cara untuk budidaya lobster air tawar:



Cara budidaya lobster air tawar dengan media kolam



Media kolam buatan
Jika Anda mempunyai lahan belakang rumah yang cukup luas, Anda bisa memanfaatkannya untuk peluang bisnis yang sebenarnya besar ini. Budidaya lobster kini menjadi sangat marak ketika permintaan akan sumber makanan ini meningkat. 



Apa saja yang perlu Anda siapkan?



Kolam buatan dengan kedalaman minimal 50 cm

Jika Anda tidak mempunyai lahan berupa tanah galian, Anda bisa menggantinya dengan kolam buatan. Untuk budidaya lobster Anda tidak perlu membuat kedalaman kolam yang terlalu dalam. Cukup 50 meter dengan air setinggi mata kaki saja. 


Pengairan

Pengairan ini sangatlah penting untuk sirkulasi udara yang harus tinggi akan oksigen. Hal ini ditujukan agar lobster Anda lebih cepat berkembang. Menggunakan sistem pergantian air secara rutin pastinya akan sangat membantu dalam hal ini.


Sirkulasi udara

Sirkulasi udara juga bisa Anda akali dengan menggunakan waterpom yang akan meniupkan udara yang pastinya membawa oksigen yang lebih banyak untuk lobster-lobster Anda. 


Tempat-tempat kecil atau rumah rumahan lobster

Poin yang ini sangatlah penting! Rumah-rumahan lobster ini di peruntukkan sebagai tempat para lobster bersembunyi dan bertelur, ini tentunya juga akan memberi manfaat yang lebih. Selain itu memang pada dasarnya lobster tidak terlalu suka dengan tempat yang terbuka. 


Anda bisa membuat rumah-rumahan lobster dengan pipa-pipa berdiameter 10 sampai dengan 20 cm. atau dengan pecahan genteng dan batu-batuan. 


Cara budidaya lobster berikutnya adalah pilihan bibit. Pemilihan bibit lobster juga pastinya sangat perlu untuk dilakukan secara berhati-hati. Ada jenis lobster yang tidak bisa bertahan di air tawar loh! Nah kemudian, setelah bibit-bibit Anda berkembang menjadi indukan, Anda juga harus mulai membuat kolam baru untuk memisahkan indukan tersebut dengan bibit baru yang muncul.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Budidaya Lobster Air Tawar Dengan Media Kolam Buatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel